Langsung ke konten utama

13. Tips Mulai Menulis Hingga Menerbitkan Tulisan Menjadi Sebuah Buku

Malam pejuang bloger ..

Pernah kah Anda merasa bahwa setiap tulisan adalah bagian sejarah dari penulis itu sendiri?

Dikatakan memiliki sejarah karena di setiap tulisan akan ada kisah True Story yang diambil, entah dari pengalaman pribadi, atau kah berkaca dari pengalaman orang lain.

Menulis adalah panggilan jiwa itu benar adanya. Karena sebagian penulis besar, sebutlah Tere Liye, Andrea Hirata, dan Asma Nadia menuliskan cerita karena memang memahami beberapa hal penting yang harus disampaikan agar menjadi manfaat dan pelajaran untuk orang lain, seperti :

  1. Mengangkat masalah koruptor di negara ini, Tere liye membuat cerita menjadi lebih bermakna dan penuh action dalam salah satu bukunya yang berjudul “Negeri para bedebah”, “Negeri di ujung tanduk”, “Pulang” dan “Pergi”.
  2. Mengangkat perjuangan anak-anak dalam menuntut ilmu di sekolah, Andrea Hirata menjadikan buku “Laskar pelangi” menjadi nominasi terbaik hingga ke luar negeri.
  3. Mengangkat perjuangan seorang perempuan yang dulunya hanya seorang ART, sekarang sukses menjadi miliader muda, dikupas oleh Asma Nadia dengan gaya fiksi dalam buku yang berjudul “Sehidup sesurga” yang baru saja di liris beberapa bulan yang lalu.

Tulisan yang akhirnya dibaca, maka setiap kata yang dicerna menjadi sebuah kalimat, harapannya bisa sebagai ladang pahala bagi penulisnya.

Lalu bagaimana sih langkah mudah memulai menulis bagi pemula? Mari kita bahas beberapa poin dibawah ini.

  • Langkah pertama >> Temukan alasan Anda dalam menulis,

Ini penting sekali … Sebagai contoh saat Anda mengalami sendiri atau mendapat curhatan dari teman, lalu Anda merasa perlu untuk menjadikannya sebuah tulisan, maka resapi betul cerita itu sehingga bisa memotivasi alasan Anda untuk menulis.

  • Langkah ke dua >> Menulis dari pengalaman pribadi

Lebih mudah saat Anda menuliskan sebuah cerita yang mana Anda memiliki peran besar dalam cerita itu atau setidaknya sebagai kontributor dalam cerita tersebut.

  • Langkah ke tiga >> Membuat kerangka karangan (outline)

Dalam menulis  naskah cerita pendek, cerita bersambung, bahkan menulis artikel, penting untuk membuat outline dari cerita  yang akan ditulis. Tujuannya agar cerita bisa urut dan tidak melebar kemana-mana.

  • Langkah ke empat >> Mulai menulis!

Setelah outline dibuat, yang mana didalam outline tersebut di sertakan para tokoh dan karakternya, poin detail setiap bab, dan terdiri dari pembukaan-inti-penutup yang sambung menyambung, maka segeralah menulis.

Tulislah setiap hari, tulislah di waktu yang ada, bukan di waktu sisa. karena konsentrasi dibutuhkan ketika menulis. Jika Anda menulis dalam keadaan lelah dan bad mood maka tulisan yang dihasilkan juga akan mengikuti.

  • Langkah ke lima >> Manajemen waktu

Menulis bagi pemula pasti membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merangkai kata menjadi kalimat, sedangkan date line (DL) pengumpulan naskah terus berjalan. Lalu apa solusinya ? buatlah manajemen waktu yang benar. Caranya dengan membuat to do list setiap harinya. Isinya jadwal kegiatan sehari-hari hingga jam menulis yang disesuaikan dengan DL yang diberikan.

Langkah yang tak kalah penting selanjutnya  adalah konsisten menetapi jadwal yang telah dibuat. Dengan konsisten membagi waktu, maka menulis menjadi kegiatan yang biasa di lakukan dan menyenangkan.

Itulah lima langkah mudah memulai menulis bagi pemula. kuncinya ada di mulai menulis dan konsisten.

Bicara mengenai naskah tulisan, maka tak lepas dari penerbit.


Berikut tulisan saya mengenai dunia penerbitan yang semoga bisa membantu naskah Anda diterima oleh para penerbit, baik penerbit mayor maupun penerbit indie.

Penting untuk mengetahui naskah kita tepat sasaran dengan karakter penerbit, sehingga naskah kita bisa diterima oleh penerbit.

Berikut 4 Langkah Penting Menulis Naskah Jebol Penerbit

Langkah Pertama >>> Mendapatkan Tema Yang Dicari Oleh Penerbit

Sebelum memulai menulis naskah, ada baiknya kita perlu mencari cara bagaimana menulis naskah yang sesuai dengan tema yang dicari oleh penerbit.

Cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1.Datang ke toko buku lalu perhatikan buku apa saja yang mendominasi di rak best seller.

2. Mencari informasi lewat komunitas menulis dan aktif didalamnya.

3. Buat daftar tema yang booming setelah melakukan cara satu dan kedua.

4. Membaca buku-buku yang masih satu genre dengan naskah Anda, ambil ciri khas yang ada di masing-masing buku tersebut

5. Dari point ke 4 Anda akan mengetahui bahwa tulisan apa yang belum ditulis di buku tersebut, lalu tonjolkanlah dalam tulisan Anda.

Langkah kedua >>> Membuat Prosposal ke Penerbit Buku

Setelah menentukan Tema sambil menulis naskah, hendaknya Anda bisa memulai membuat proposal pengajuan ke penerbit.

Berikut poin wajib yang harus ada di proposal tersebut :

1.Wajib menyantumkan biodata berisi Antara lain nama lengkap, nama pena jika ada, alamat email dan nomor handphone untuk memudahkan penerbit menghubungi Anda, daftar prestasi di dunia penulisan jika memiliki
sebagai nilai plus, serta judul-judul buku yang sudah pernah diterbitkan

2. Tulislah apa keunggulan naskah Anda jika dibandingkan dengan buku yang serupa, bisa berupa konflik yang berbeda, solusi berupa tips dan trik, gaya bahasa yang tidak membosankan, sehingga naskah memiliki nilai jual.

3. Tulislah buku yang menjadi pesaing Anda di proposal ke penerbit, Tujuannya agar penerbit tahu apa yang membuat naskah Anda berbeda dengan buku yang sudah terbit, sehingga menjadi bahan pertimbangan diterima atau tidak

4. Tuliskan rencana promosi offline dan online secara detail.

5. Menuliskan sinopsi, Tujuannya agar penerbit tahu apa yang membuat naskah Anda berbeda dengan buku yang sudah terbit, sehingga menjadi bahan pertimbangan diterima atau tidak.

Langkah Ke Tiga >>> Etika Mengirimkan Naskah Kepada Penerbit

Untuk mengirimkan naskah ke penerbit, Anda juga harus aware dengan etikanya.

Perhatikan beberapa poin penting di bawah ini :

1.Mengirimkan satu naskah ke satu penerbit terlebih dahulu.

Misalnya, Anda mengirimkan naskah ke penerbit A, B, dan C. Ternyata penerbit A dan C memberi
ACC. Anda tidak boleh menerbitkan satu naskah di penerbit yang berbeda. Anda pasti menolak
salah satu penerbit tersebut. Hal itu bisa membuat nama Anda sebagai penulis tercoreng

2. Menuliskan kata pembuka

Contohnya, Anda mengirimkan naskah lewat email ke penerbit A. Maka, dalam badan email
juga ditulis kata sapaan, perkenalan diri secara singkat, judul naskahnya. Jadi, jangan hanya
mengirimkan lampiran naskahnya saja.

3. Berkata atau menulis dengan santun.

Sebagai contoh, Anda sudah mengirimkan naskah sejak tiga bulan yang lalu dan tidak ada kabar.
Maka, coba telepon penerbit tersebut dan tanya secara santu mengenai naskah Anda.

Langkah Ke Empat >>> Proses Penerbitan Buku

Setelah Anda mengirimkan naskah ke penerbit, lalu anda mendapatkan balasan dari penerbit, maka masih ada beberapa proses dasar yang akan Anda lalui yaitu :

1.Mendapatkan Surat Kontrak Kerjasama

Isinya adalah hak dan kewajiban penulis serta penerbit, jumlah royalti, bagaimana dan kapan
proses pencairannya, bagaimana jika kelak cetak ulang, dan masih banyak lagi.

2. Anda harus menunggu sekitar satu sampai enam bulan untuk mendapatkan
jawaban. Jika ditolak, maka itu saatnya Anda melakukan kembali self editing dan dikirim ke penerbit
lainnya. Namun, apabila Anda mendapatkan ACC, maka akan mendapatkan surat kontrak kerja
sama antara penulis dan penerbit, yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak.

3. Anda akan berkenalan dengan pihak editor penerbit tersebut.
Dalam masa ini, Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan editor agar menghasilkan
karya naskah buku yang jauh lebih memikat.

4. Anda akan diminta rekomendasi dan akan diminta pendapat mengenai pilihan beberapa cover calon bukunya tetapi keputusan terakhir ada di tangan penerbit

5. Anda bertugas melakukan proofread, yaitu naskah Anda yang sudah di-lay out dan siap dicetak.

Dengan kita mengetahui langkah tepat menuliskan naskah yang sesuai dengan genre yang di mau oleh penerbit, maka peluang tulisan kita dibukukan akan semakin terbuka lebar.

Smeoga Bermanfaat ya ...

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahagiaku ada di dalam 10 hal ini, bagaimana denganmu?

Hai hai ... apa kabar penulis bloger? duh maafkan setelah kisah CHBK terhalang untuk saya lanjutkan, saya lama ngga mucul di blog. oke lah, saya janji buat mulai lagi deh aktif menulis di blog. Hari ini, saya pengen banget berbagi 10 kebahagiaan yang mungkin diatara 10 hal di bawah ini, merupakan kebahagianmu pula. 10 hal yang membuat saya bahagia adalah: 1. Bangun setiap hari Menurut saya pribadi, bersyukur dimulai dari bisa bangun setiap harinya. Bisa kebayang nggak sih, jika Allah berkehendak untuk tidak membangunkan kita satu hari saja? Duh Gusti, saya selalu merinding ingat ini. Yang terlintas di benak saya adalah apakah dengan berakhirnya hidup saya, apakah saya sudah siap bekal? Belum lagi tidak bangun berarti tidak bertemu dengan orang terkasih, suami, anak-anak, orang tua dll. Maka saya sangat bersyukur, jika Allah masih menghendaki saya untuk bangun setiap harinya. Rasa syukur saya ini saya apresiasikan dengan rasa kebahagiaan tak terkira. 2. Melihat senyum suami  Duileee, uh

Teman Menyenangkan

Mowning Pejuang Keluarga, Saya tuh type orang yang sukaaaa banget di rumah. Menurut saya di rumah tuh bikin saya bisa ngelakuin apa aja. Ya nunaikan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu, juga bisa berproduktif di dalam rumah. Ngerasain produktif di luar rumah juga pernah, Zaman belum menikah dan punya anak satu, saya bekerja di kantor telekomunikasi hingga 7 tahun lamanya. Namun, setelah lahir anak ke-2, suami mengajak saya hijrah ke kota lain dan saya memutuskan untuk tidak bekerja lagi dan menjadi IRT dan jualan online akhirnya menjadi kesibukan saya sehari-hari. Bicara masalah teman, mulai dari zaman kuliah hingga sekarang masalahnya di saya cuma satu. saya tuh suka salah mengambil kesimpulan tentang pertemanan. Akhirnya ujung-ujungnya saya juga yang kecewa. Saya banyak bertemu dengan teman yang covernya selalu baik, bahkan ada beberapa yang baiknya banget-benget. Yang salah tuh saya, sekali lagi ya, yang salah itu sayanya. Dapet perilaku baik dari temen membuat saya bergantung d

#CHYBK_CeritaPertama_Bab2

BAB 2 PUTUS Namun saat malam pertemuan pertama kali, Mas Agung sempat terperanjat melihat kecantikan Nania. Sambil mengingat masa kecil dulu, ia hampir tak percaya bahwa Nania yang kecilnya banyak menghabiskan waktu diatas tempat tidur, lemah dan rambutnya selalu basah karena keringat, saat ini sudah berubah menjadi perempuan yang sangat cantik, mengenakan hijab dan bertubuh semampai. Manis seperti gula Jawa. Mereka akhirnya saling berbincang, saat itu belum menyadari jika akan di jodohkan, walaupun tak banyak yang bisa mereka ceritakan, namun malam itu kedekatan mereka berdua di salah artikan oleh kedua orang tua mereka. Orang tua mereka lalu memutuskan secara sepihak saja dengan menjodohkan mereka. Dan sepanjang proses itu bergulir, Nania sudah menceritakan pada kedua orang tuanya bahwa ia sudah memiliki pacar dan berkomitmen akan menikah. Namun orang tuanya tetap meminta Nania menerima pinangan dari keluarga Pak Herman. Semenjak itulah, Nania memaksa Rudi agar segera melamarnya,