Langsung ke konten utama

10. MANAJEMEN WAKTU FOR EMAK PRENEUR



Hai pejuang bloger ...

Cung donk siapa yang disini emak-emak yang memiliki tugas sampingan selain tugas domestik negara ?

Bisa sebagai pekerja lepas, bisa sebagai produsen kue jajanan pasar, bisa sebagai produsen makanan beku, bisa sebagai guru calistung, bisa sebagai penulis, bisa sebagai penerjemah, dan lain sebagainya.

Perempuan itu unik loh ...
Memang sudah dari sono nya diciptakan oleh Alloh bisa melakukan pekerjaan lebih dari satu secara bersamaan, masih bisa konsentrasi penuh saat date line sudah diambang pintu, itu pun nyambi mikirin keluarganya.

Anatomi otak perempuan dengan laki-laki memang berbeda, hal ini lah yang membedakan bahwa apa yang menjadi pemikiran dan perasaan perempuan jauh berbeda dengan yang di rasa laki-laki.

Jika dilihat dari uraian anatomi otak perempuan terdapat penghubung antara lobus kanan dan kiri otak besar, semacam jembatan gitu, sedangkan laki-laki tidak ada.

Karena ada jembatan itulah, memungkinkan perempuan untuk berfikir lebih dengan menggabungkan satu hal dengan yang lainnya, berbeda dengan  laki-laki,  pola pikirnya bedasarkan logika dan satu secara estetika.

Pengertian mudahnya dengan gambaran sebagai berikut :
  • Perempuan bisa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu sedangkan laki-laki tidak.
  • Perempuan sering mengambil peran sebagai pemecah masalah, untuk itulah perempuan meiliki banyak teman,Ppadahal hal ini menunjukkan bahwa perempuan tidak bisa mengklarifiksi suatu permasalahan, berbeda dengan laki-laki, dapat mengklarifikasikan masalah, sehingga biasanya tidak perlu selalu cerita dengan teman-temannya.  
  • Perempuan selalu benar, yeay itu menjadi jargon untuk pembelaan perempuan, namun memang terbukti saat berdebat perempuan selalu memiliki alasan logis atau tidak untuk menyelesaikan perdebatan, untuk itu laki-laki lebih banyak mengalah jika sudah berdebat dengan perempuan, dari pada ribut belakangannya.
  • Laki-laki lebih bisa menganalisa suatu masalah, perempuan tidak bisa.
  • Secerewet-cerewetnya perempuan, laki-laki selalu mengakui bahwa saat berada di masa sulitm hanya pelukan perempuan yang bisa membantu menenangkannya. Hal ini dikarenakan karena perempuan memproduksi hormon serotonin dan oksitosin yang lebih banyak.
  • Dalam berbahasa, perempuan memiliki kosa kata yang lebih banyak dari laki-laki.
  • Laki-laki lebih mahir matematika dibanding perempuan.
  • Laki-laki lebih ambisius dan teritorial, memiliki kuasa dibangdingkan perempuan.
  • Sensitivitas perempuan lebih condong dibandingkan laki-laki, sehingga tak heran jika perempuan bisa menyelesaikan masalah temannya, dan menghadapi masalahnya sendiri.
  • Perempuan adalah pendeteksi kebohongan yang handal, yaahhh utnuk itulah laki-laki dituntut untuk selalu jujur, karena perempuan bisa mendeteksi kebohongan dari suara, mimik muka, dan bahasa tubuh.

Lalu apa sih hubungan poin perbedaan otak di atas dengan waktu emak preneur?

Emak preneur dikenal sebagai ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis dari rumah.

Dalam era zaman kemudahan teknologi saat ini, para perempuan banyak memiki peluang untuk bisa berbisnis dari rumah.

Bahkan tidak membutuhkan modal besar, tempat jualan, dan karyawan, perempuan jaman now sudah lebih kreatif memanfaatkan keuntungan medsos sebagai sarana usahanya. 

Namun apakah mudah ?

Well ... kembali pada cerita saya tempo hari, ketika saya menjadi produsen frozen food home made, maka saya harus memiliki manajemen waktu antara bisnis saya dengan keluarga.

Jika sudah berbisnis, memfollow up calon pembeli, memberikan fast respon pada pelanggan, memposting dagangan, membuat laporan, itu semua membutuhkan waktu yang longgar. untuk itulah mengapa manajemen itu sangat dibutuhkan, lalu pencatatan barang masuk, barang keluar agar perhtungan stok menjadi lancar.

Banyak perempuan untuk mengaktualisasikan dirinya dengan bekerja, menulis hingga  memiliki bisnis dari rumahan. Agar semua tugas negara bisa diselesaikan, maka emak-emak yang ingin terlibat dalam bisnis online rumahan, maka agar dapat membuat manajeman waktu agar waktu tak cacat.

Berikut langkah-langkah membuat manajemen waktu buat mak preuner

1. Tuliskan pekerjaan harian Anda
kalau bisa hingga detail ya, semisal di detail menjadi ada 100 pekerjaan, maka tulislah.caranya dengan membuat to do list setiap harinya.
2. Urutkan pekerjaan
kategorikan ke dalam 3 bagian penting, Pekerjaan penting (jika ditunda maka berakibat buruk), pekerjaan sambilan, pekerjaan tak penting, me time.
3, Simpan dan buang
Setelah di kategorikan, kembali cek pekerjaan yang bisa disimpan dan yang dibuang. 
4. Estimasi waktu
Berikan estimasi waktu dari setiap pekerjaan, Perhatikan Quality Time kepada keluarga dan me timee harus tetap ada, 
5. Bagaimana jika over waktu?
jangan menunda! hilangakan kebiasaan menunda, karena jika over dari waktu yang diberikan maka akan mengganggu waktu yang lain.
6. Target waktu kerja
Untuk pekerjaan yang penting agar berikan target waktu kerja
7. Konsisten netepi jadwal
konsisten berat, namun harus dilakukan, jangan sampai jadwal sudah dibuat tapi gagal melaksanakan.
9. Fleksibel waktu
Jika ada tambahan pekerjaan lain, maka akan diselipkan dan dikategorikan ke dalam waktu yang fleksibel.
10. Menikmati menghabiskan waktu
jalani jadwal yang sudah dibuat antara mengurus keluarga, bekerja, online shop, dan me time dengan rasa bahagia, nikmati prosesnya untuk menjadi tertib dalam mengatur waktu.

Bisa karena biasa, so jangan ragu untuk mencobanya yaa..

Met istirahat dear ... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5. Please ... Don't Judge The Book From The cover

"Maju Bukan Karena Dipuji ,  Mundur Bukan Karena Dicaci" Hai pejuang bloger ...  Pernah nggak ngalamin kalau kita tuh  dinilai dari suara kita ? Belum pernah bertemu, hanya komunikasi lewat chat. Bukan pula komunikasi sebagai teman, Apalagi sahabat, ini bicara tentang pekerjaan. Saya cerita lagi boleh ya ... Setelah pekerjaan yang dia bekerja tapi tidak digaji di cerita saya sebelumnya  https://iethajannah.blogspot.com/2020/06/mau.html , saya lalu dibuat kecewa. duhhh baper banget kayaknya hahahhaha. Saya tuh merasa kehilangan pekerjaan, sehingga saya merasa setelah ini saya kerja apa? Bayang-bayang mencari pekerjaan sulit membuat saya memiliki kekawatiran berlebih. Selama tiga hari saya menangisi pekerjaan saya yang saya sangat kecewa dengan kamuflase dan kebohongan. Babe walaupun di satu sisi senang saya akhirnya menyadari dan berhenti bekerja, toh ikut merasakan kesedihan dan kesusahan saya. Babe bilang, di luar sana masih banyak pekerjaan yang lebih mumpuni dan berkualita

6. Kekuatan Itu Bernama Mental

Hai pejuang bloger ... Pernah punya pengalaman nekad nggak ? nekad dalam usaha ... maksutnya, tidak ada persiapan khusus, namun mengambil keputusan spontan hanya karena sebagian hati mengatakan ini hal yang patut dicoba, dan sebagian lainnya menguji keberanian melakukan sesuatu yang baru. Itu terjadi sama saya, waktu memutuskan untuk berjualan roti. saya suka roti ... apalagi tinggal makan hahahahah roti itu mengingatkan saya akan masa kecil. duluu banget waktu masih duduk di bangku SD Setiap sore, saya menunggu abang roti lewat dengan mobil bergambar koki memegang roti hangat. dulu cara penjualan roti dengan menjemput bola, masih jarang dititip ke warung atau swalaayan, padahal seingat saya lebih keren seperti saya kecil dulu. mobil roti itu lewat sekitar jam 16.00 lalu sambil membunyikan musik panggilan roti, anak-anak akan segera mendekat, lalu merayu orang tua mereka untuk membeli. hampir setiap hari, tukang roti tahu bahwa daerah perumahan terkenal dengan anak-anak yang bisa membu

3. PUSH YOUR LIMIT

Holla pejuang bloger … Masih semangat donk yaaa … Jumpa lagi dengan saya, dalam pembahasan bisnis ala saya. Jika kemaren kita sedikit mengulas reseller dan dropship, diujung tulisan saya, saya sedikit menyinggung agar kita bisa push limit. Sebenarnya apa sih push limit itu ? dan kapan waktu yang tepat kita perlu untuk mengepush limit kita ? Push limit diartikan pemaksaan di batas kemampuan kita, seperti kondisi dimana kita dipaksa untuk bisa melakukan sesuatu. Waktunya kapan ? yaa tergantung kebutuhan, berikut saya coba paparkan dari apa yang disadur dari group pasukan B Erl Cosmetic. Push yourself because no one else is going to do it for you. Sebagai contoh banyak yang tidak sadar bahwa pandemi Covid-19 mampu mengubah pola hidup sebagian besar manusia. Sebelum virus ini menyebar, kita semua memiliki alasan masing-masing yang dijadikan pembenaran atas kebiasaan yang kita lakukan. Ada yang setiap hari kumpul-kumpul dengan teman-temannya yang tidak baik sehingga ia ter