Langsung ke konten utama

8. OPTIMALISASI MEDSOS



Malam dear ...
Hai pejuang bloger ... 

Semoga engkau sama dengan saya,berusaha selalu melancarkan menulis di blog.

aamiin ...

So ... ada beberapa pertanyaan yang saya ingin berikan dahulu, sebelum saya menulis.

1. saat menjualkan produk, lebih suka menggunakan medsos apa aja ? tujuannya?
2. ketika sudah memilih medsosnya, apakah sudah mengenal algoritmanya?
4. Sudahkah optimal menggunakan medsosnya?

Sebenarnya apa sih optimalisasi itu?

Socal media optimalization atau Mengoptimalisasi sosial media yakni menggunakan sosial media sebagai penghubung untuk mengembangkan bisnis yang kita kelola secara online. Dimana anda hanya perlu membuat akun pada salah satu platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter dimana para customer anda berada.

Keuntungan dari Social Media Optimalization antara lain :

  • Memperkenalkan Produk atau jasa anda
  •  Menghubungkan anda dengan para customer
  •  Meningkatkan keuntungan dari bisnis yang dikelola

sudah paham ya ?

okey dari 3 pertanyaan diatas, saya mencoba menjawabnya :

  1. Saya terjun di online shop kira-kira setahun yang lalu. menjadi reseller baju dari agen besar dibontang. saya sangat beruntung, karena saat itu tidak perlu mebeli satu nota baju dahulu seperti syarat menjadi raeseller lainnya. saya hanya diberikan gambar lalu upload, jika laku terjual maka saya akan mendapatkan fee sekian persen sesuai brand baju tersebut. setiap brand memiliki persenan reseller yang bearbeda-beda. Saat itu saya menggunakan medsos facebook untuk berjualan. jauhh sebelum saya akan berjualan, di Facebook saya sebenarnya sudah senang bercerita, branding saya yang suka tebar kalimat panjang sudah terpatri. Maka saat saya berjualan saya lalu main hantam pasang gambar produk, taruh no hp, dan maksa lagi hahahhaha tujuannya agar dagangan saya cepat laku, dan ternyata nol besar. bahkan pernah tidak ada like sama sekali. calon pembeli saya sama kabur..
  2. untuk algoritma, antara fb dan instagram ada perbedaannya, pada FB algoritma lebih untuk berinterkasi, bercerita dan memiliki history saling memberi interksi.namun untuk ig lebih menekankan pada produk yang dijual secara hard selling dan lebih menguatkan foto dan video serta teknik to teh point..
  3. Saya mengenal optimasi medsos melalui kelas online yang saya ikuti, baik optimasi fb maupun optimasi whatssup.. untuk optimasi IG saya lebih mempercantiknya, agar menarik hati.

berikut beberapa langkah untuk optimalisasi medsos

  1. Memperkuat Strategi >> Strategi dalam usaha di social media harus dibentuk secara baik. Strategi harus dibuat agar mampu mendatangkan pembeli. Strategi bisa dibuat mulai dari bagaimana foto yang akan kamu posting sampai bagaimana cara kamu membalas pertanyaan pembeli.
  2. Posting Berulang Kali >> Posting berulang kali konten jualan kamu untuk mendapatkan berbagai manfaat, seperti mendapatkan followers baru, memaksimalkan traffic. Posting berulang kali juga dapat membuat followers kamu yang sebelumnya tidak tertarik menjadi ingin tahu dan lebih tertarik dengan barang jualanmu.
  3. Dekati Followers-mu >> Cara ini cukup penting dalam usaha melalui media social cobalah untuk mendekati seperti apa followers kamu,dan beri perhatian agar kamu dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan yang tentunya akan berdampak baik untuk usahamu.Dan jangan lupa menerima kritik dan saran yang disampaikan oleh konsumen sebagai suatu proses membuat usaha kalian menjadi lebih baik kedepannya.
  4. Mengatur Waktu Update >> Perbedaan waktu dapat mempengaruhi traffic. Mengatur waktu update harus sangat diperhatikan agar saat kamu memposting sesuatu dapat dilihat semua followers kamu di waktu yang tepat. Gunakan fitur insight untuk mengetahui kapan followers-mu paling aktif. Kamu bisa lihat dari jam dan harinya agar kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk posting.
  5. Kreatif Persaingan >> Usaha di media sosial sangat tinggi maka dari itu, buatlah postingan, konten yang kreatif, beda, dan memberi value bagi konsumen kamu. Semakin kreatif dan menarik postingan yang kamu buat akan semakin tinggi daya tarik followers melirik jenis usaha kamu.
  6. Konsisten >> Menggunakan sosial media sebagai media berjualan akan memproyeksikan citra merek usaha kamu di berbagai platform media sosial. Sementara masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, namun identitas bisnis online terbaik dengan tetap konsisten mempertahankan brand image yang telah dibuat sejak awal. 

Bagaimana, dear ? Sudah siap untuk memulai usaha dan promosi menggunakan media sosial? Semoga cara di atas dapat membantu kamu dalam memulai usaha dan menggunakan sosial media untuk promosi.

 


Komentar

  1. Selain posting produknya ada baiknya jg posting konten yg edukatif agar follower betah baca2 di medsos kita ya Mbak Ietha

    BalasHapus
  2. Waah pengen tau dong mba, kalau optima si jualan di instagram itu gimana. Perlu gak pakai Ig ads?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5. Please ... Don't Judge The Book From The cover

"Maju Bukan Karena Dipuji ,  Mundur Bukan Karena Dicaci" Hai pejuang bloger ...  Pernah nggak ngalamin kalau kita tuh  dinilai dari suara kita ? Belum pernah bertemu, hanya komunikasi lewat chat. Bukan pula komunikasi sebagai teman, Apalagi sahabat, ini bicara tentang pekerjaan. Saya cerita lagi boleh ya ... Setelah pekerjaan yang dia bekerja tapi tidak digaji di cerita saya sebelumnya  https://iethajannah.blogspot.com/2020/06/mau.html , saya lalu dibuat kecewa. duhhh baper banget kayaknya hahahhaha. Saya tuh merasa kehilangan pekerjaan, sehingga saya merasa setelah ini saya kerja apa? Bayang-bayang mencari pekerjaan sulit membuat saya memiliki kekawatiran berlebih. Selama tiga hari saya menangisi pekerjaan saya yang saya sangat kecewa dengan kamuflase dan kebohongan. Babe walaupun di satu sisi senang saya akhirnya menyadari dan berhenti bekerja, toh ikut merasakan kesedihan dan kesusahan saya. Babe bilang, di luar sana masih banyak pekerjaan yang lebih mumpuni dan berkualita

6. Kekuatan Itu Bernama Mental

Hai pejuang bloger ... Pernah punya pengalaman nekad nggak ? nekad dalam usaha ... maksutnya, tidak ada persiapan khusus, namun mengambil keputusan spontan hanya karena sebagian hati mengatakan ini hal yang patut dicoba, dan sebagian lainnya menguji keberanian melakukan sesuatu yang baru. Itu terjadi sama saya, waktu memutuskan untuk berjualan roti. saya suka roti ... apalagi tinggal makan hahahahah roti itu mengingatkan saya akan masa kecil. duluu banget waktu masih duduk di bangku SD Setiap sore, saya menunggu abang roti lewat dengan mobil bergambar koki memegang roti hangat. dulu cara penjualan roti dengan menjemput bola, masih jarang dititip ke warung atau swalaayan, padahal seingat saya lebih keren seperti saya kecil dulu. mobil roti itu lewat sekitar jam 16.00 lalu sambil membunyikan musik panggilan roti, anak-anak akan segera mendekat, lalu merayu orang tua mereka untuk membeli. hampir setiap hari, tukang roti tahu bahwa daerah perumahan terkenal dengan anak-anak yang bisa membu

3. PUSH YOUR LIMIT

Holla pejuang bloger … Masih semangat donk yaaa … Jumpa lagi dengan saya, dalam pembahasan bisnis ala saya. Jika kemaren kita sedikit mengulas reseller dan dropship, diujung tulisan saya, saya sedikit menyinggung agar kita bisa push limit. Sebenarnya apa sih push limit itu ? dan kapan waktu yang tepat kita perlu untuk mengepush limit kita ? Push limit diartikan pemaksaan di batas kemampuan kita, seperti kondisi dimana kita dipaksa untuk bisa melakukan sesuatu. Waktunya kapan ? yaa tergantung kebutuhan, berikut saya coba paparkan dari apa yang disadur dari group pasukan B Erl Cosmetic. Push yourself because no one else is going to do it for you. Sebagai contoh banyak yang tidak sadar bahwa pandemi Covid-19 mampu mengubah pola hidup sebagian besar manusia. Sebelum virus ini menyebar, kita semua memiliki alasan masing-masing yang dijadikan pembenaran atas kebiasaan yang kita lakukan. Ada yang setiap hari kumpul-kumpul dengan teman-temannya yang tidak baik sehingga ia ter